Workshop Penyusunan Kegiatan Inovatif Berbasis Program Mastery Progresif Bagi Pengembangan Lembaga PAUD di Lingkungan Universitas Negeri Malang

Gambar 1. Foto bersama Peserta Workshop

Program Mastery Progresif adalah gambaran target tujuan pengembangan sekolah sekolah di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM) yang harus dicapai dalam wujud sebuah sistem pendidikan yang penuh semangat berkelanjutan, terus maju mencetak insan-insan mandiri, manusiawi, tuntas, berkelanjutan dan beriman melalui berbagai inovasi pada bidang manajemen dan pendidikan dan pembelajaran. Keselarasan program yang diusung sejalan dengan kurikulum UM yang kini sedang berkembang yakni kurikulum yang berbasis kehidupan.

Merespon secara khusus Program Mastery Progresif pada jenjang pendidikan prasekolah yakni  PAUD Laboratorium UM di Kota Blitar berlokasi di Jalan Kartini 17 Blitar terdiri dari 6 kelas 8 guru dan pegawai 83 siswa. PG & TK Laboratorium UM berlokasi di Jl. Magelang 2 Malang terdiri dari 8 kelas 25 guru dan pegawai 135 siswa dan juga Tempat Penitipan Anak Melati yang kini berjumlah 7 orang pengasuh dan terkelola oleh Dharma Wanita  Universitas Negeri Malang dengan murid sejumlah 35 anak dan beberapa sekolah anak usia dini yang menjadi mitra binaan sekolah laboratoirum, adalah merupakan dampak positif untuk dapat berpacu dan berkembang selaras pada  segenap jenjang pembelajaran di lingkungan Universitas Negeri Malang khususnya pendidikan pra sekolah.

Minimnya pengetahuan dan kemampuan kepala sekolah, guru maupun pengasuh untuk mengidentifikasi dan mengembangkan kegiatan berbasis Program Mastery Progresif untuk merespon secara inovatif dalam  implementasi pembelajaran dan pengelolaan secara kelembagaan dalam pengembangan kegiatan di sekolah, sehingga sampai saat ini, perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi program kegiatan tersebu, sehingga masih sangat kurang implementasinya. Pengulangan program kegiatan yang sama pada setiap tahun pelajaran, dan lemahnya motivasi SDM untuk turut serta berperan dalam  menyusun  program kegiatan merupakan  masalah  utama yang mejnadi alasan pelaksanaan workshop Penyusunan Kegiatan Inovatif Berbasis Program Mastery Progresif .

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan tim pengabdian dari para akademisi Universitas Negeri Malang  yang terdiri dari Eny Nur Aisyah, S.Pd.I, M.Pd. Drs. Tomas Iryanto, S.Pd., M.Pd, Rosyidamayani, T. Maningtyas, S.Psi, M.Pd, dan praktisi pendididikan sekolah anak usia dini yaitu Rahayu Ashary, S.PD (Kepala Sekolah PG & TK Laboratorium UM) dan Novia Candra Dewi S.Pd (Guru Berprestasi Nasional 2018), dan Dyah Novitasari (alumni UM) serta Vilawati Aziza P.A (Mahasiswa UM).  Peserta workshop  adalah kepala sekolah, Guru TK, KB, dan  Pengasuh TPA di lingkungan Universitas Negeri Malang yang berjumlah 25 Peserta, yang terdiri dari  Kepala sekolah,  Wakil Kepala Sekolah, Guru TK,  Guru KB, dan 3 orang Pengasuh TPA. Pelaksanaan dilakukan di sekolah  laboratorium UM total 32 jam  pada tanggal 31 Agustus, 7 September  dan 14 September 2019.

 

Peningkatan pengetahuan dan wawasan, keterlaksanaan program dengan keberhasilan dalam mencapai tujuan program layanan, tampak pada peningkatan nilai pengetahuan peserta melalui pre-test dan post-test, baik pada jenis program layanan  full day, half day maupun temporer yang dihasilkan selama proses workshop.  Metode dalam workshop menggunakan diskusi terbuka, Pair and sharing, tanya jawab dan penugasan dengan menggunakan pendekatan problem solving.

Gambar 2. Proses Pelaksanaan Workshop Penyusunan Kegiatan Inovatif Berbasis Program Mastery Progresif  Bagi Pengembangan Lembaga PAUD di Lingkungan Universitas Negeri Malang

 

Berdasarkan observasi dan supervisi secara klinis pada akhir pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdi ke sekolah maka diperoleh hasil evaluasi secara kelembagaan maupun perorangan, telah terjadi peningkatan pada; tumbuh kembang dan kemandirian anak-anak untuk lebih siap beradapatsi pada sosialnya, secara fisik kondisi lembaga mengalami beberapa perubahan layanan baik secara tata kelola, lingkungan lembaga secara administratif maupun aktivitas kegiatan pada pembelajaran anak menjadi lebih baik.

Gambar 3. Simulasi Penyusunan dan Pendampingan Pelaksanaan Program Kegiatan Berbasis Mastery Progresif

 

menjadi unggul dan rujukan adalah sebuah capian visi UM unutk turut serta segenap elemen pendidikan di lingkungan sekitarnya, maju bergerak dan memiliki inovasi tanpa batas bagi keberlangungan pendidikan dan kemajuan bangsa Indonesia. Terwujudnya cita-cita mulia ini diharapkan dapi menjadi pemersatu segenap elemen kularga besar UM untuk terus mau belajar dan berkarya bagi pendidkan anak-anak Indonesia.

(Penulis: Eny Nur Aisyah)

Post Author: Admin Berkarya

1 thought on “Workshop Penyusunan Kegiatan Inovatif Berbasis Program Mastery Progresif Bagi Pengembangan Lembaga PAUD di Lingkungan Universitas Negeri Malang

    tes

    (8 November 2019 - 21:55)

    tes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *