Dukung Pembelajaran Daring, Mahasiswa KKN Tematik Biologi UM Kelompok XIV Selenggarakan Pelatihan Pengaplikasian Google Classroom dan Quiziz bagi Guru

Pelaksanaan Kegiatan Webinar Melalui Daring

Malang. Pengalihan pembelajaran ke sistem daring yang dapat dikatakan mendadak akibat pandemi ini cukup membuat banyak guru kebingungan. Pasalnya, kebanyakan guru belum terbiasa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Berawal dari permasalahan tersebut, sekelompok mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang yang sedang melaksanakan KKN tematik Biologi mencetuskan ide untuk memberikan pelatihan mengenai pembelajaran daring dengan sasaran pelatihan adalah para guru di Malang Raya.

Pada Sabtu (5/7) pelatihan yang bertajuk “Pengaplikasian Google Classroom dan Quiziz sebagai Media Pembelajaran Daring” itu dilaksanakan via Google Meeting dan diikuti oleh sejumlah guru yang sebagian besar berasal dari Malang Raya, sisanya berasal Banyuwangi, Madiun, Surabaya, Gresik, Jombang, Blitar, Trenggalek, dan Kediri.

Poster Webinar

Ibu Sri Rahayu Lestari, selaku Ketua Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang ketika memberi sambutan mengatakan, “Pembelajaran daring sangatlah penting untuk saat ini, mengingat kondisi pandemi Corona seperti ini yang melarang pertemuan pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga jalan keluar agar pembelajaran di sekolah tetap berjalan seperti biasa dapat menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Google Classroom dan Quiziz sebagai media pembelajaran daring.”

Beliau juga menambahkan bahwa Jurusan Biologi UM siap membantu guru jika terdapat kesulitan saat melaksanakan pembelajaran dengan mengadakan acara serupa pada lain kesempatan.

Dibawah bimbingan Ibu Siti Imroatul Maslikah selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kelompok XIV KKN tematik Biologi yang beranggotakan Ajeng Fadhillah, Bela Ayu Ratna Sari, Bella Mulia Wati, Fustatul Qur’ani Anam, M. Karrel Fernandasyah, dan Prianka Delvina merasa senang karena sebagian besar peserta pelatihan memberi respon positif pada kegiatan pelatihan ini. Salah satunya Siti Nurul Marifah, guru MAN 5 Jombang, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat, ia pun mengharapkan adanya pelatihan lanjutan.

Selain memberi pelatihan, KKN tematik Biologi kelompok XIV ini juga menghasilkan luaran berupa e-book Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Online dan Pengawasannya di tengah Pandemi COVID-19 yang sudah dibagikan kepada sekitar 70 perwakilan guru yang tergabung dalam grup WhatsApp kelompok XIV KKN tematik Biologi UM.

Pewarta : Fustatul Qur’ani Anam – Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang

Pewarta Foto : Bela Ayu Ratnasari – Mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published.