Edukasi Masyarakat Desa Jabung, Kelompok KKN UM Adakan Sosialisasi BLT-Dana Desa Melalui Poster

Penyerahan Poster Sosialisasi BLT Dana Desa kepada Kepala Desa Jabung

Malang – Dimasa pandemi Covid-19 ini, beberapa universitas tetap mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), tidak terkecuali Universitas Negeri Malang (UM). KKN UM tahun ini diadakan dengan ketentuan yang berbeda daripada tahun sebelumnya, yang mana pada tahun ini pelaksanaannya dilakukan secara online karena menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan semua pihak yang dilibatkan dalam kegiatan KKN.

Pengadaan KKN dimasa pandemi ini dimaksudkan agar program kerja yang disusun oleh mahasiswa KKN UM dapat digunakan untuk membantu desa di masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah program kerja yang digalakkan oleh kelompok KKN UM Desa Jabung yaitu “Sosialisasi Bantuan Langsung Tunai  – Dana Desa (BLT-DD) Menggunakan Poster”.

BLT-Dana Desa merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah sebagai respon untuk mengantisipasi dan menyesuaikan perkembangan yang ada saat ini yaitu penyebaran Corona Virus Desease 2019 – Covid-19 yang berimbas pada berbagai sendi kehidupan perekonomian dan pembangunan Desa.

Perwakilan Mahasiswa KKN berfoto bersama DPL dan Kepala Desa Jabung sebagai Simbolisasi Penyerahan poster Sosialisasi

Sosialisasi tentang BLT – Dana Desa di Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang ini dilakukan pada Rabu (08/07/2020) oleh beberapa perwakilan kelompok KKN UM Desa Jabung. Program sosialisasi ini bertujuan untuk membantu mengedukasi masyarakat Desa Jabung terkait kriteria,  tata cara dan tahapan penerimaan BLT-Dana Desa.  

Muhammad Aviv, selaku koordinator KKN UM Desa Jabung, menjelaskan bahwa program kerja ini merupakan salah satu permintaan khusus dari Kepala Desa Jabung agar warga Desa Jabung dapat mengetahui dan memahami syarat-syarat penerima BLT-Dana Desa.

Hal ini dikarenakan, menurut Bu Anik Sri Hartatik,  Kepala Ds. Jabung, Kec. Jabung, kebanyakan masyarakat Desa Jabung belum teredukasi terkait kriteria penerima BLT-Dana Desa. Masyarakat menganggap BLT-Dana Desa diberikan secara merata pada semua lini masyarakat yang terdampak Covid-19. Padahal dalam pelaksanaannya BLT-Dana Desa diberikan pada masyarakat dengan 13 kriteria khusus seperti yg tercantum pada Surat Edaran Bupati No.440/3186/35.07.119/2020. 

Poster-poster sosialisasi BLT-Dana Desa yang sudah dicetak oleh kelompok KKN UM ini ditempelkan di wilayah-wilayah strategis di daerah Desa Jabung dan juga diletakkan satu poster yang berukuran besar  didepan Balai Desa Jabung.

“Dengan adanya sosialisasi mengenai BLT-Dana Desa ini, diharapkan warga dapat memahami kriteria penerima BLT-Dana Desa sehingga tidak terjadi salah paham atau kecemburuan sosial pada para penerima bantuan.” Ujar Muhammad Aviv menambahkan.

Pewarta:  Hamidah & Hesti Putri (Mahasiswa Jurusan  Kimia dan  PGSD UM)

Pewarta Foto : Mario C. Arista (Mahasiswa Jurusan Sejarah UM)

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published.