Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, S1 PADP UM Melatih Guru Se-Nasional dalam Mengembangkan Mobile Learning Application

Narasumber, Moderator dan Ketua Pengabdian berfoto bersama

Malang. Perkembangan teknologi saat ini membantu meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Terlebih peserta didik saat ini merupakan Generasi Z dan Alfa yang memiliki karakteristik sebagai digital native, yaitu generasi yang sejak lahir sudah lekat dengan teknologi digital. Melalui teknologi, guru dapat memberikan pengalaman belajar secara realistis melalui AR (Augmented Reality) dan guru dapat memberikan tool pembelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan peserta didik yaitu MLA (Mobile Learning Application) berbasis android.

Di tengah masifnya penelitian mengenai perkembangan MLA dari berbagai penjuru dunia dan hasilnya sangat positif, sangat disayangkan hal ini belum terdiseminasi massif kepada peserta didik di Indonesia. Penelitian yang dimaksud misalnya review oleh Sung, dkk (2019) berjudul The Quality of Experimental Designs in Mobile Learning Research: A Systemic Review and Self-Improvement Tool.

Kegiatan ditayangkan langsung secara virtual melalui youtube

Permasalahan tersebut dapat terjadi salah satunya karena ketiadaan tool MLA yang khusus dikembangkan sesuai tujuan pembelajaran. Adapun secara ketertarikan, sebenarnya guru ada keinginan untuk mengembangkannya. Namun caranya sangatlah susah, karena harus mempelajari ilmu coding yang rumit terlebih dahulu.

Adapun di situasi pandemi covid-19 saat ini, pembelajaran harus dilakukan secara distance learning. Pemilihan MLA sebagai tool dalam melakukan distance learning sangatlah tepat, dikarenakan perangkat ini lebih mudah dioperasikan, baik oleh peserta didik maupun guru, kemudian secara look sangatlah menarik sehingga peserta didik dapat meningkat minat belajarnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran (PADP) Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang, menyelenggarakan kegiatan Alumni Talk #4 dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk “Pelatihan Nasional: Pengembangan Mobile Learning Application Berbasis Android” secara virtual. Instruktur yang dihadirkan adalah Filianti, S.Pd seorang EdTech Enthusiast (alumni S1 PADP UM) dan dimoderatori oleh Andi Basuki, S.Pd, M.Pd (dosen S1 PADP UM) serta Buyung Adi Dharma, S.AP., M.AP. (Dosen S1 PADP UM).

Kegiatan pengadian ini diketuai oleh Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M (Koorprodi S1 PADP UM), beranggotakan Subagyo, S.E., S.H., M.M. (Dosen Jurusan Manajemenn UM), Andi Basuki, S.Pd, M.Pd (dosen S1 PADP UM), dan Buyung Adi Dharma, S.AP., M.AP (Dosen S1 PADP UM),  Filianti, S.Pd (Alumni S1 PADP UM) serta Dewi Ayu Sakdiyyah, S.Pd yang saat ini sudah mengajar di SMK PGRI 6 Kota Malang (Alumni S1 PADP UM).

Tim pengabdian mengambil perannya masing-masing dalam menyukseskan kegiatan ini, mulai dari pengumpulan software serta material yang dibutuhkan dalam mengembangkan mobile learning application berbasis android hingga melakukan bimbingan intensif kepada peserta.

Acara diselenggarakan melalui live streaming Channel YouTube Jurusan Manajemen FE-UM dua kali pertemuan pada Rabu 22 dan 29 Juli 2020 dan dihadiri 150-an guru dan mahasiswa prodi pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia. Peserta secara aktif turut berkontribusi dalam kegiatan ini dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan di kolom live chat. Setelah pelatihan virtual selesai, peserta dibimbing secara intensif secara berkelompok oleh tim pengabdian selama satu bulan hingga 26 Agustus 2020 melalui Google Classroom dalam mengembangkan MLA berbasis android.

Oleh: Filianti, S.Pd. Alumni S1 PADP UM

Post Author: Admin Berkarya