KKN UM Kenalkan Objek Wisata Baru Gentong Mas di Desa Sukolilo, Kabupaten Malang

Objek Wisata Gentong Mas, Desa Sukolilo/KKN UM Sukolilo 2020

Malang – Kehadiran kelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang dengan tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang menjadi peluang bagi mahasiswa untuk turut andil dalam pembangunan di desa setempat. Walaupun agenda KKN dilaksanakan di tengah situasi pandemi seperti saat ini, tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk mengabdi di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengenalkan objek wisata baru yang menjadi ikon desa Sukolilo. Objek wisata ini dikenal sebagai wisata Gentong Mas yang terletak di Dusun Napel RT 02 RW 01, Desa Sukolilo.

Wisata Gentong Mas memiliki banyak wahana yang bisa menarik minat masyarakat. Disana terdapat kolam renang, danau buatan yang terdapat ikan di dalamnya, saung atau gazebo tempat bersantai wisatawan, disertai pemandangan persawahan yang memanjakan mata. Saat ini, wisata gentong mas masih dalam proses pembangunan. Pembangunannya masih sempat terhambat dikarenakan adanya pandemi sehingga tidak bisa segera dibuka untuk umum.

Gazebo Wisata Gentong Mas, Desa Sukolilo/KKN UM Sukolilo 2020

Namun, saat ini wisata gentong mas mulai merencanakan penambahan fasilitas dan mendapat bantuan dari Dinas Sumber Daya Air Tumpang berupa pemberian perahu motor sederhana yang bisa dioperasikan di danau setempat. Fasilitas yang akan dibangun antara lain yaitu outbound air, outbound alam, perahu bebek, kolam sumber, pasar wisata yang menjual souvenir khas desa dan pujasera.

Banyak sekali keunggulan yang membuat wisatawan tidak perlu ragu untuk berkunjung ke wisata Gentong Mas. Biaya masuk dan parkir masing-masing dikenai biaya RP.2000 sangat pas di kantong. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengajak keluarga untuk berwisata di gentong mas. Selain itu akses menuju gentong mas tidaklah sulit dan mudah dijangkau. Tidak hanya itu, airnya berasal langsung dari sumber mata air. Sungguh menyegarkan jika kita bisa berenang di air yang segar dengan disuguhkan pemandangan yang masih asri. Wisata gentong mas cocok sekali menjadi pilihan wisata untuk mengusir penat setelah lelah beraktivitas.

Kolam Renang Gentong Mas, Desa Sukolilo/KKN UM Sukolilo 2020

Adanya objek wisata di tengah-tengah masyarakat desa Sukolilo tentu dapat memberdayakan masyarakat sehingga membantu perekonomian mereka. Untuk membuat wisata gentong mas berkembang sehingga menjadi objek wisata unggulan, perlu adanya peran pemerintah dalam hal pembangunan serta pengenalan kepada khalayak ramai.

Potret Mahasiswa KKN dengan Babinkamtibmas, Desa Sukolilo/KKN UM Sukolilo 2020

Untuk saat ini di era new normal, wisatawan bisa datang berkunjung ke wisata gentong mas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Bahkan di sekitar desa juga terdapat tempat untuk cuci tangan, sehingga dapat memudahkan dalam berwisata ke kolam renang gentong mas. Dengan banyak fasilitas serta juga nyaman di dompet membuat mahasiswa KKN mengenalkan objek wisata di desa Sukolilo, kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur ini.

Pewarta: ROKHMATUL MAULUDIYAH S1 PENDIDIKAN FISIKA FMIPA 

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *