Kurangi Penyebaran Covid-19, KKN UM Desa Bulu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Pelaksanaan Kegiatan Penyemprotan Disinfektan Di Desa Bulu

Nganjuk – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang 2020 Desa Bulu melaksanakan penyemprotan disinfektan yang didampingi Perangkat Desa, Babinsa, dan Babinkambtimas Desa Bulu Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Salah satu cara dalam mencegah penyebaran covid-19 adalah melakukan penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan dilakukan secara bertahap setiap satu minggu sekali dari dusun ke dusun yang ada di Desa Bulu. Kegiatan penyemprotan dilakukan berdasarkan protokol Covid-19 dengan cara menggunakan Alat pelindung Diri (APD). Bahan yang digunakan berbahan dasar alami yang dicampur dengan cairan buatan. Bahan alami dibuat dari rebusan daun sirih dan bahan kimia.

Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan oleh mahasiswa KKN dibantu oleh pemuda karang taruna desa Bulu.  Karang taruna desa Bulu sangat antusias dalam membantu penyemprotan disinfektan.Hal ini menandakan bahwa masyarakat Desa Bulu juga antusias. Salah satu bentuk antusias warga desa Bulu dalam melakukan kegiatan penyemprotan yaitu meminjamkan tangki penyemprot. Penyemprotan dilakukan dari rumah ke rumah dengan ketentuan satu minggu satu kali penyemprotan pada satu dusun.

Pelaksanaan Kegiatan Penyemprotan Disinfektan Di Desa Bulu

Selain dari rumah ke rumah, penyemprotan disinfektan ini dilakukan pada tempat-tempat umum yang ada di Desa Bulu seperti masjid, balai desa, balai dusun, dan pos kamling. Sasaran utama penyemprotan disinfektan ini merupakan bagian-bagian yang sering disentuh oleh orang sehingga bagian tersebut menjadi steril.

Kepala Desa Bulu menyampaikan “Kegiatan yang dilakukan adik-adik KKN dari Universitas Negeri Malang sangat membantu pihak desa untuk melakukan pencegahan penyebaran, selain itu adik-adik juga akan mendapat pengalaman untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat”. Pandemic covid-19 tidak akan hilang sampai waktu yang belum dipastikan untuk itu di era new normal ini masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan protokol Kesehatan dapat pencegahan penyebaran covid-19.

Dengan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan mahasiswa selama KKN dapat memberikan pandangan baru untuk masyarakat desa Bulu untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan penyemprotan rutin. Selain itu, mahasiswa  mendapat pengalaman baru dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Pewarta : Dita Fitrin Nurilyasari – Mahasiswa Jurusan Fisika UM

Pewarta Foto : Ahmad Muzaqqi – Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published.