Mahasiswa KKN UM Adakan Open Book Donation For Star Home guna Tingkatkan Literasi dan Membina Pengelolaan Kepustakaan di Desa Langlang

Mahasiswa UM secara simbolis menyerahkan buku yang telah terkumpul pada perwakilan karang taruna Desa Langlang

Malang (29/06/2020). KKN Universitas Negeri Malang Desa Langlang 2020 melaksanakan kagiatan Open Book Donation For Star Home yaitu penggalangan donasi buku yang akan diserahkan ke taman baca Desa Langlang, Star Home. Tidak hanya memberikan donasi buku, mahasiswa KKN UM Desa Langlang 2020 juga membantu penomoran registrasi buku dan membina karang taruna dalam melakukan pengelolaan kepustakaan. Penanggungjawab program kerja Open Book Donation For Star Home ini adalah Setyo Maqbul, Mahasiswa UM Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah.

“Dengan adanya Program Kerja Donasi Buku sangat baik dan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN UM  yang telah memberikan buku guna menambah referensi untuk dibaca adik-adik Rumah Pintar StarHome dan dapat meningkatkan literasi untuk adik-adik Rumah Pintar Star Home”, ujar Tyas perwakilan Karang Taruna Desa Langlang.

Mahasiswa UM melakukan pembinaan pengelolaan kepustakaan pada perwakilan karang taruna Desa Langlang

Pembukaan donasi buku dilakukan dalam waktu kurang lebih 12 hari, dari tanggal 9 Juni-20 Juni 2020. Sebanyak 139 buku dan ATK diserahkan ke Star Home pada Hari Minggu (21/06/20). Penomoran registrasi buku dilakukan mulai Hari Senin (22/06/2020) sampai Rabu (24/06/2020), sedangkan pembinaan pengelolaan kepustakaan pada karang taruna dilakukan pada Hari Senin (29/06/2020).

Kegiatan ini memberikan wadah bagi masyarakat yang ingin berbagi buku di Desa Langlang, dimana desa tersebut memiliki taman baca “Star Home” yang dikelola karang taruna untuk mendidik anak-anak usia SD hingga SMP dengan mengajar pendidikan informal. Buku disini berperan penting untuk menunjang motivasi membaca bagi anak-anak Desa Langlang agar memperoleh ilmu yang tidak didapat sebelumnya.

Kegiatan penomoran registrasi buku hasil open book donation

“Maka dari itu kami berinisiatif melakukan program kerja Donasi Buku yang fungsinya utuk meningkatkan semangat minat baca pada anak-anak dan masyarakat sekitar”, ujar Refa selaku Ketua Koordinasi KKN UM Desa Langlang 2020.

Pewarta : Fradinsa Yanirum – Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil UM

Pewarta Foto : Anugrah Oktandi dan Augusto Daniel – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia UM

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *