MAHASISWA KKN UM ADAKAN PELATIHAN QUIZIZZ UNTUK OPTIMALKAN BELAJAR DI TENGAH PANDEMI

Penyerahan media pembelajaran berupa CD ke pihak sekolah

Malang. Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak dampak, beberapa kegiatan tidak bisa dilakukan seperti biasanyan. Pemerintah menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghentikan sejenak aktivitas yang biasa dilakukan karena persebaran virus SARS-CoV-2 yang sudah masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, semua kegiatan termasuk pendidikan secara perlahan diberhentikan, dari mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi semuanya mengikuti protokol pemerintah agar menghentikan aktivitasnya dan diam di rumah guna menghentikan penyebaran.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang melaksanakan Pelatihan Media Pembelajaran Quizizz. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta keterampilan kepada guru agar dapat memahami cara menggunakan media pembelajaran daring. Pelatihan ini diitujukan pada salah satu sekolah yang berada di Kepuharjo yakni MTs NU Kepuharjo, Kec. Karangploso, Kab. Malang.

Proses pemaparan materi kepada guru MTs NU Kepuharjo

Gambar 2.

“Sebelumnya sekolah menggunakan media google form untuk melakukan quiz dalam media pembelajaran yang diterapkan di kelas,” tutur Nasron Azis selaku Waka Kesiswaan MTs NU Kepuharjo.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan pada Rabu (24/06). Media pembelajaran yang diajarkan yaitu Quizizz.com. Media pembelajaran Quizizz sendiri adalah media pembelajaran berbasis online yang banyak diminati oleh guru dan siswa, bahkan di jenjang perguruan tinggi dikarenakan tampilannya yang menarik serta penggunaannya yang asik dalam pemberian kuis.

Acara pelatihan mendapat respon baik dari sekolah dengan kehadiran guru yang sangat antusias. Pelatihan dihadiri oleh 18 guru termasuk Kepala Sekolah dan Waka Kesiswaan serta 13 mahasiswa KKN UM Desa Kepuharjo dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Siti Sendari.

Acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan peserta pelatihan beserta panitia wajib menggunakan masker dan melakukan penyemprotan hand sanitizer sebelum memasuki ruangan dan pemberian jarak pada tempat duduk sesuai dengan protokol kesehatan. Pada pelatihan tersebut guru tidak hanya mendengarkan penjelasan materi tentang Quizizz tetapi juga diajak untuk mencoba langsung bagaimana cara kerja aplikasi Quizizz untuk pembelajaran media daring. Komunikasi pada saat pelatihan berlangsung sangat komunikatif dan tidak membosankan sehingga peserta pelatihan terlibat aktif dalam acara pelatihan media pembelajaran Quizizz.

Pewarta : Andre Giovano Erlangga – Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil UM

Pewarta Foto : Andre Giovano Erlangga – Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil UM

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *