Mahasiswa KKN UM Gencarkan Pola Hidup Sehat Melalui Video Edukatif di Desa Johowinong Jombang

Mahasiswa KKN UM Melakukan Pengedukasian Melalui Media Video

Jombang, (27/06/2020) mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kegiatan mengedukasi dengan media video mengenai senam lansia, senam remaja, cara mencuci tangan pakai sabun dan etika bersin dan batuk yang benar guna mencegah terkena COVID-19 yang bertempat di Balai Desa Johowinong yang menghadirkan 20 orang yang merupakan perwakilan Posyandu Lansia, Balita dan Remaja di setiap dusun.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen pembimbing lapangan Drs. Maftuchin Romlie, M.Pd dengan perantara social media. Kegiatan ini dimulai pukul 14.30 sampai 16.45 WIB. “Wah, saya baru tau Mbak ada senam lansia semudah itu, Ibu saya kalau diajak senam katanya sudah sepuh gak bisa olahraga berat. Setelah pulang dari sini, saya kasih tau ke Ibu biar tetap sehat selama pandemi”, kata salah satu remaja desa Johowinong.

Pemaparan materi kepada peserta

Semakin hari orang yang terjangkit Covid-19 meningkat. Data terkini menurut Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang per 27 Juni 2020, kasus yang terkonfirmasi sebanyak 244 orang dengan klasifikasi pasien yang dirawat 202 orang, meninggal 18 orang dam sembuh 24 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 703 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 80 orang.

Besar harapan kami setiap hari akan selalu ada kabar baik mengenai pandemi tersebut segera berakhir. Maka dari itu, UM tetap melakukan KKN edisi Covid-19 sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat terkait virus Corona. Tanpa disadari jika masyarakat tidak mengetahui protokol kesehatan dan cara pencegahan Covid-19 maka virus atau kuman akan menempel pada tubuh.

Mahasiswa melakukan kegiatan tersebut sesuai peraturan Kampus untuk mematuhi protokol kesehatan seperti membatasi kegiatan di desa, selalu mencuci tangan serta selalu menggunakan masker ketika keluar rumah.

Penyerahan DVD Video Edukatif kepada perwakilan setiap Dusun

Erdik Febrianto, Hannah Amirah Utomo, Meylani Catur Ambarwati dan Nisa Assifa Hakiki berinisiatif membuat video edukasi mengenai senam lansia, senam remaja, cara mencuci tangan pakai sabun dan etika bersin dan batuk yang benar. Senam lansia ini diharapkan dapat mengubah pendapat masyarakat bahwa meskipun memasuki usia tua mereka tetap bisa melakukan senam sesuai usiannya.

Tujuan dari senam lansia ini adalah untuk menjaga sistem imun dalam tubuh yang berfungsi untuk menangkal masuknya virus dari luar dan melancarkan peredaran darah, sama halnya dengan video edukasi senam remaja. Video edukasi ini juga diharapkan dapat merubah mindset masyarakat yang ada di Desa Johowinong, jika biasanya masyarakat melakukan cuci tangan dengan asal-asalan, sekarang setelah melihat video ini, mereka bisa berubah melakukan cuci tangan dengan benar.

Selain itu kebiasaan masyarakat ketika batuk dan bersin sembarangan tanpa disadari menyebabkan masyarakat mudah menularkan virus ke orang lain. Dalam hal ini video edukasi yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN UM bisa membuat masyarakat mengerti bagaimana etika ketika batuk dan bersin, sehingga pada saat batuk dan bersin mereka tidak akan menularkan virus tersebut ke orang lain.

Video tersebut dapat diakses di akun youtube “KKN Desa Johowinong 2020”, hardfile berupa DVD yang diserahkan kepada perwakilan dusun dan kecamatan dan softfile yang bisa disebarkan melalui media social misalnya WhatsApp.

Pewarta : Meylani Catur Ambarwati – Mahasiswa Jurusan  Hukum dan Kewarganegaraan UM

Pewarta Foto : Nisa Assifa Hakiki – Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *