Media Interaktif Keagamaan, Solusi Pendamping Belajar Mengaji Anak di Masa Pandemi

Pendemonstrasian Media Interaktif Keagamaan di TPQ Al-Hidayah

Mojokerto. Pada masa pandemi Covid-19 Mahasiswa KKN UM tidak diperkenankan untuk mengabdi langsung ke Desa. Agar tetap dapat produktif untuk mengabdi, Mahasiswa KKN UM membuat Media Interaktif Keagamaan. Media dibuat menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint dengan memanfaatkan tools hyperlink.

Media tersebut berisikan materi-materi keagamaan, yaitu: Al-Qur’an, Aqidah Akhlak, Do’a Sehari-hari, Malaikat, Nabi dan Rasul, Rasulullah, dan Sahabat. Materi disajikan secara menarik dengan warna-warna yang cerah dan dilengkapi dengan suara untuk menambah minat anak dalam mempelajari.

Mahasiswa Menyerahkan CD kepada Ibu Ana Masruroh selaku Ketua TPQ Nurul Falah

Keseluruhan media yang sudah jadi diletakkan di Compact Disc-Recordable (CD). Kemudian CD tersebut diserahkan kepada kepala TPQ. Penyerahan CD dilakukan sebanyak 2 kali. Yakni pada Rabu (24 Juni 2020) di TPQ Nurul Falah. Dan pada Kamis (25 Juni 2020) di TPQ Al-Hidayah. Ketika menyerahkan CD sekaligus mendemonstrasikan pengoperasian medianya.

Dijelaskan oleh Isro’atul Choliliyah selaku perwakilan penanggungjawab pembuatan Media Interaktif Kegamaan bahwa media dikerjakan secara bertahap, mulai dari pengumpulan materi, penataan tata letak pada slide, pemberian efek suara, dan penautan hyperlink. “Secara keseluruhan, media kami kerjakan secara bertahap, selama kurang lebih 3 pekan totalnya. Pengerjaannya dibagi-bagi, begitupun saat merevisi ketika ada yang kurang sesuai. Kami juga meminta saran kepada teman-teman dan dosen pendamping lapangan untuk menyempurnakan media.”, ungkapnya.

Tampilan CD, Media Interaktif di Laptop, dan di HP

Ketika Mahasiswa mendemonstrasikan media, Ustadz-Ustadzah sangat antusias dan tidak merasa kesulitan untuk mengikuti dan mempraktikkan. “Ketika materi dikemas dengan media yang menarik, maka anak tidak akan bosan, dan memudahkan Ustadz-Ustadzah dalam menyampaikan. Nantinya materi akan dipelajari terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada para santri.”, ujar salah satu ketua TPQ.

Pewarta           : Siti Lailatul Isnaini – Mahasiswa Jurusan Sastra Arab UM

Dokumentasi   : KKN Pulang Kampung Desa Kedunglengkong Mojokerto

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *