Menuju Desa Wisata 2021, Mahasiswa KKN UM Sosialisasikan Pengolahan Produk Unggulan Desa Bulukerto

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Produk Unggulan

Batu 28 Juni 2020. Masa pandemi Covid-19 ini berdampak pada perekonomian desa serta memberikan tantangan tersendiri bagi petani dan pemilik kebun dalam mendistribusikan hasil panen mereka. Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan sosialisasi pengolahan produk unggulan desa berupa selai dan manisan berbahan dasar jeruk serta hand sanitizer alami. Kegiatan yang diadakan pada Minggu, 28 Juni 2020 di Gedung Sebaguna Desa Bulukerto itu mendapatkan sambutan baik dari ibu-ibu PKK dan Pokja setempat. Hal itu terbukti dengan antusias peserta yang hadir meskipun harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Eldiene Zaura I’tamada, selaku ketua pelaksana menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi Desa Bulukerto yang belum dikelola dengan secara kreatif oleh ibu-ibu PKK dan Kelompok Kerja 3. Program kerja kali ini beriringan dengan program kerja PKK Desa Bulukerto unutk membuat produk olahan dari hasil potensi desa yaitu tanaman jeruk, dengan adanya sosialisasi pembuatan produk unggulan desa diharap dapat menyiapkan Desa Bulukerto menjadi desa wisata di tahun 2021 untuk menunjang program pemerintah. Dengan adanya kegiatan ini diharap produk yang telah disosialisasikan dapat bermanfaat dan dikembangkan oleh masyarakat di Desa Bulukerto.

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Produk Unggulan

Mahasiswa KKN berusaha membuat terobosan baru agar perekonomian warga menjadi stabil dengan inovasi yang kreatif ditengah pandemi Covid-19 dan mempersiapkan untuk menjadi desa wisata pada tahun 2021 dengan melihat potensi sumber daya alam yang ada di Desa Bulukerto. Kelompok mahasiswa tertarik pada bagaimana membuat olahan jeruk sebab sampai saat ini belum menemukan di daerah setempat yang mengolah buah jeruk menjadi sebuah produk yang dapat diperjual belikan. Oleh karena itu, mahasiswa mengadakan sosialisasi pengolahan produk unggulan desa menggunakan buah jeruk.

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Produk Unggulan

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN meliputi sambutan Ibu Lurah Desa Bulukerto sambutan dari ketua pelaksana, inti acara mempraktekkan cara membuat selai jeruk, menjelaskan cara membuat manisan dari kulit jeruk, dan membuat hand sanitizer alami dari daun sirih dan penutup yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Pewarta: Nahdia Feradisyah/ Hawiki Renalia- KKN Desa Bulukerto

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published.