Pendampingan Kejar Paket B dan Paket C di PKBM Al-Khadijah dalam masa Pandemi Covid-19

Mahasiswa KPL UM memberikan materi

Malang. Penyebaran Covid-19 kian hari kian meningkat dan berdampak pada proses kegiatan Kajian Praktik Lapangan (KPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Berdasarkan Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Nomor 8.6.35/UN32/TU/2020 Tentang Pengaturan Aktivitas Kampus UM Dalam Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juni 2020 menyatakan bahwa KPL Kependidikan dilakukan secara daring atau luring dengan menerapkan Protokol Covid-19 UM atau menyesuaikan dengan kondisi.

Salah satu kelompok KPL jurusan PLS melaksanakan praktik kerja dan pengalaman kerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang secara daring dan luring. Sebagai akademisi di bidang pendidikan nonformal, mahasiswa PLS harus melakukan studi lapangan dengan terjun langsung ke masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pendampingan pendidikan Kejar Paket B dan Paket C di PKBM Al-Khadijah yaitu lembaga dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang dalam masa pandemi Covid-19.

Kegiatan pendampingan Paket B dan Paket C dilaksanakan setiap hari Minggu pagi sampai siang hari. Adapun peserta didiknya berasal dari beberapa daerah di kota maupun kabupaten Malang. Pelaksanaan kegiatan secara luring (luar jaringan) dikarenakan kebanyakan peserta didik berasal dari lintas umur dan belum bisa mengoperasikan media pembelajaran daring seperti aplikasi Zoom Meet, Google Meet, dan Google Classroom.

Proses pembelajaran pun tetap dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan antara lain memakai masker, jaga jarak, pembatasan jumlah peserta didik dalam satu kelas, cuci tangan dengan sabun, dan memakai handsanitizer. Pihak lembaga pun menyediakan atribut pencegahan Covid-19 sehingga peserta didik wajib mematuhi protokol kesehatan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Mahasiswa KPL jurusan PLS turut mendampingi selama proses pembelajaran yaitu dengan membantu pamong belajar mengajari berbagai macam pelajaran yang diterapkan dalam Paket B dan Paket C. “Saya merasa terbantu dengan adanya teman-teman dari mahasiswa KPL UM untuk memahami beberapa mata pelajaran yang sulit dipahami. Mengingat saya sudah berumur 30 tahun untuk belajar lagi agak susah. Alhamdulillah, saya bisa cepat lebih paham” ujar salah satu peserta didik Paket B.

Pihak lembaga PKBM juga merasa terbantu dengan adanya kegiatan KPL oleh mahasiswa UM baik dalam membantu dalam administrasi lembaga maupun dalam proses pembelajaran Paket B dan Paket C. “Teman-teman mahasiswa KPL UM saya ajak untuk ikut serta dalam pembelajaran paket B dan paket C, terutama sebagai pamong belajar, agar mereka bisa merasakan bagaimana mengajar peserta didik dari lintas usia” ujar kepala lembaga PKBM Al-Khadijah. Dengan adanya pendampingan kejar Paket B dan Paket C peserta didik tetap semangat belajar meskipun dalam masa pandemi Covid-19 sangat terbatas.

Aviatul Mauludiyah

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Universitas Negeri Malang (UM)

aviatulmauludiyah20@gmal.com

Post Author: Admin Berkarya