S1 PADP UM Gelar Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan E-Petty Cash kepada MGMP OTKP Tulungagung

Foto Bersama Seluruh Peserta

Tulungagung. Pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia perkantoran, tentunya juga harus dibarengi dengan kesiapan yang matang bagi guru SMK kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Salah satu kesiapan tersebut adalah dengan memperkenalkan kepada peserta didik OTKP dengan berbagai teknologi perkantoran.

Terlebih, munculnya Society 5.0 beberapa tahun lalu dan situasi pandemi covid-19 tahun 2020 mendorong agar seluruh aktivitas termasuk administrasi perkantoran harus dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan perkembangan teknologi kekinian.

Penyampaian Materi

Menanggapi hal tersebut, tim dosen Jurusan Manajemen FE UM menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertajuk “Penguatan Kompetensi Tata Kelola Administrasi Keuangan dengan Menggunakan Software Petty Cash bagi Guru di SMK Kabupaten Tulungagung”.

Pengabdian tersebut diketuai oleh Drs. H. Mohammad Arief, M.Si dan beranggotakan Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd. M.M, Prof. Dr. Heri Pratikto, M.Si, Andi Basuki, S.Pd., M.Pd, dan Buyung Adi Dharma, S.AP., M,AP serta melibatkan alumni S1 PADP UM yaitu Dewi Ayu Sakdiyyah, S.Pd yang saat ini mengajar di SMK PGRI 6 Kota Malang dan mahasiswa yakni Sania Nanda Safitri.

Peserta Nampak Serius Mengoperasikan Software Petty Cash

Kegiatan ini juga melibatkan lima mahasiswa yaitu Ari Gunawan, Siska Krisdiana Nofianti, Austin Fascal Iskandar, Nilna Almunaa Brilliarahma Hermanto dan Hafizah Islami Rahmadina dan diikuti oleh sekitar 40 guru-guru MGMP OTKP se-Kabupaten Tulungagung. Pelaksanaannya bertempat di Lab. Fiber Optic SMK Negeri 1 Boyolangu dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan secara ketat. Guna mendapati hasil kegiatan yang maksimal maka pelatihan ini dilaksanakan dua kali yakni pada 22 dan 26 Agustus 2020.

Di kesempatan itu, tim pengabdian masyarakat UM memperkenalkan aplikasi kas kecil (E-petty cash) yang telah dikembangkan oleh tim pengabdian, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan praktik bersama menggunakan aplikasi tersebut. Selama pelatihan ini peserta juga terlihat sangat antusias dengan memberikan tanggapan dan pertanyaan selama proses pelatihan berlangsung

Drs. H. Mohammad Arief, M.Si Ketua Program Pengabdian

Melalui pelatihan yang telah dilaksanakan, diharapkan guru-guru memiliki keterampilan untuk mengoperasikan teknologi yang selanjutnya bisa diajarkan kepada peserta didiknya. Ketua MGMP Kabupaten Tulungagung, Ibu Dra. Marti’in, MPd mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan dengan memberikan tanggapan, “Saya mewakili MGMP Kabupaten Tulungagung sangat berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk dilatih oleh Bapak/Ibu Dosen dan adik-adik mahasiswa S1 PADP UM tentang cara memanfaatkan teknologi untuk administrasi perkantoran, kami berharap agar selanjutnya terus diberikan pelatihan-pelatihan lain agar keterampilan kami terus bertambah di ranah teknologi administrasi perkantoran.”, tuturnya.

Diakhir acara kegiatan ditutup dengan penyampaian beberapa masukan dari peserta pelatihan terhadap aplikasi yang telah dikembangkan, serta penyampaian harapan supaya bisa mengembangkan aplikasi perkantoran yang lainnya.

Oleh: Dewi Ayu Sakdiyyah, S.Pd.

(Mahasiswi Pascasarjana UM & Alumni S1 PADP UM)

Post Author: Admin Berkarya