S1 PADP UM Laksanakan Pelatihan E-Filing kepada MGMP OTKP Tulungagung

Penjelasan Saat Praktik Bersama

Tulungagung. Di era saat ini persaingan kerja semakin ketat, SMK sebagai salah satu institusi pendidikan yang memiliki mandat untuk menyiapkan lulusan siap kerja harus memberikan pengajaran terbaik kepada peserta didiknya. Hal ini dimaksudkan agar tepat setelah lulus, peserta didik SMK memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangnya sehingga mereka dapat bersaing di dunia kerja.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki di era saat ini adalah literasi digital dimana peserta didik harus memahami perkembangan teknologi dan mereka mampu beradaptasi serta menggunakannya dengan baik. Guru sebagai pendidik dalam hal ini harus mampu menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi tersebut sehingga yang harus dipastikan pertama adalah guru juga memiliki kompetensi dan pemahaman mengenai teknologi dengan baik.

Andi Basuki, S.Pd, M.Pd selaku Ketua Pengabdian Masyarakat memberikan sambutan pembuka kegiatan

Sayangnya saat ini belum semua guru memiliki kompetensi digital terutama dalam hal pengelolaan arsip yang memadai. Termasuk guru Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan hal ini tim dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk “Pelatihan Virtual Office untuk Guru SMK di Kabupaten Tulungagung.”

Kegiatan pengadian ini diketuai oleh Andi Basuki, S.Pd, M.Pd beranggotakan, Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M., Drs. Mohammad Arief, M.Si, Buyung Adi Dharma, S.AP., M.AP dan Dewi Ayu Sakdiyyah, S.Pd yang saat ini mengajar di SMK PGRI 6 Kota Malang serta Filianti, S.Pd. seorang EdTech Enthusiast yang merupakan dua alumni S1 PADP UM.

Praktik Bersama

Kegiatan yang dilaksanakan pada 22, 26 dan 29 Agustus 2020 ini melibatkan lima mahasiswa yaitu Ari Gunawan, Siska Krisdiana Nofianti, Austin Fascal Iskandar, Nilna Almunaa Brilliarahma Hermanto dan Hafizah Islami Rahmadina. Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan di Lab. Fiber Optic SMKN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung berjalan lancar dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Materi yang disampaikan adalah seputar virtual office, terutama E-Filing dimana awalnya pemateri menjelaskan konsep E-Filing kemudian dilanjutkan dengan pemberian website E-Filing yang dikembangkan oleh tim pengabdian yaitu AR Cloud (arcloud.id) dengan domain untuk MGMP OTKP Kabupaten Tulungagung yaitu arcloud.id/mgmptulungagung. Selanjutnya peserta diajak melakukan praktik secara langsung dalam mengoperasikan website E-Filing tersebut.

Peserta yang jumlahnya 40-an guru-guru dari MGMP OTKP Kabupaten Tulungagung sangat antusias dalam mengikuti acara. Bahkan peserta berharap agar diberikan domain tersendiri untuk sekolahnya sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik, seperti yang disampaikan oleh Ibu Santi Umayah, S.Pd. seorang guru dari SMK PGRI 3 Tulungagung. Beliau menyampaikan, “Saya sangat bersyukur bisa ikut pelatihan ini, karena saya mendapatkan pengetahuan baru untuk memberikan pembelajaran terbaik berbasis teknologi digital kepada peserta didik saya di sekolah.”

Pewarta Berita: Filianti, S.Pd (Alumni S1 PADP FE UM)

Post Author: Admin Berkarya