Tim Pengabdian Jurusan Manajemen UM Dampingi Sistem Keuangan Online Kelompok WIRANU Kab. Blitar

Anggota Tim Pengabdian yaitu Yuli Agustina, S.E, M.M saat mendampingi peserta melakukan praktik sistem keuangan UMKM melalui aplikasi sederhana Ms. Excel

Blitar. Revolusi Industri 4.0 yang kemudian disusul adanya Society 5.0 memberikan tantangan sekaligus stimulus pada digitalisasi kegiatan bisnis di Indonesia. Pelaku bisnis termasuk wirausahawan/wati dituntut inovatif agar melakukan tranmisi pelaksanaan bisnis dari tradisional menjadi digital.

Di Kabupaten Blitar terdapat suatu kelompok wirausaha, yaitu WIRANU atau Wirausaha NU. Kelompok ini beranggotakan masyarakat NU yang memiliki usaha dari berbagai bidang. Selama melakukan kegiatan wirausahanya, mereka mengalami kendala dalam hal pengurusan arus keuangan usaha. Terlebih hal tersebut masih dilakukan secara tradisional, yaitu dicatat di perbukuan biasa.

Anggota Tim Pengabdian yaitu Fadia Zen S.E., M.M saat memaparkan materi
seputar konsep dasar akuntansi sederhana

Kendala tersebut berakibat pada ketidakmaksimalan dalam melakukan pengelolaan keuangan usaha, misalnya adanya tumpang tindih antara keuangan untuk usaha dan kebutuhan pribadi. Berdasarkan permasalahan ini, Tim Pengabdian Jurusan Manajemen FE UM yang diketuai oleh Lulu Istanti, S.E., M.M.., Ak melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat betajuk, “Pendampingan Sistem Keuangan Online bagi Wirausaha NU (WIRANU) Kabupaten Blitar.”

Kegiatan yang dianggotai oleh Fadia Zen, S.E., M.M dan Yuli Agustina, S.E., M.M ini dilaksanakan selama empat kali dimana puncak acara adalah pada 19 September 2020. Acara diselenggarakan di kompleks UMKM Kabupaten Blitar dengan melakukan protokol kesehatan selama pandemi covid-19 secara ketat. Di kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa yaitu Abdul Aziz dan Arivan Syahrullah Wibbyantoro.

Ketua Tim Pengabdian, Lulu Istanti, S.E., M.M.., Ak saat memaparkan materi seputar konsep dasar akuntansi sederhana

Selama kegiatan pengabdian, peserta dikenalkan konsep dasar akuntansi sederhana yang materinya disampaikan oleh Lulu Istanti, S.E., M.M.., Ak dan Fadia Zen, S.E., M.M. Selanjutnya peserta juga didampingi tentang sistem keuangan UMKM melalui aplikasi sederhana Ms. Excel oleh Yuli Agustina, S.E., M.M dan dua mahasiswa yang dilibatkan. Adapun aplikasi sederhana Ms. Excel ini dikembangkan oleh Tim Pengabdian dan dapat diakses secara bebas oleh peserta.

Foto bersama antara peserta dan Tim Pengabdian dari Jurusan Manajemen FE UM

Peserta yang jumlahnya sekitar 50 orang dari kalangan Wirausaha NU (WIRANU) Kabupaten Blitar sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal ini dibuktikan melalui aktifnya mereka saat menyimak maupun melakukan diskusi dengan Tim Pengabdian. Melalui wawancara singkat setelah kegiatan berakhir, peserta juga mengungkapkan bahwa mereka sangat terbantu melakukan pengelolaan keuangan usaha berkat adanya kegiatan pengabdian ini.

Pewarta: Filianti, S.Pd (Alumsi S1 PADP Jurusan Manajemen FE UM)

Post Author: Admin Berkarya