Upaya Pertahankan Pola Hidup Sehat, Mahasiswa KKN UM Budidayakan Toga Temulawak di Desa Sidorejo

Mahasiswa KKN UM an Warga bahu membahu menanam toga temulawak

Malang. Meningkatnya kasus positif covid-19 di Kabupaten Malang beberapa waktu lalu dikarenakan melemahnya daya tahan tubuh masyarakat Kabupaten Malang khususnya di Desa Sidorejo.  Virus pun akan ditransfer kembali kepada orang-orang dengan daya tahan tubuh lemah. Maka dari itu kesadaran masyarakat yang kurang paham akan pentingnya menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem imun harus ditingkatkan.

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur juga memiliki berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh dapat melawan dan menyerang covid-19. Sangat penting untuk menyadari bahwa cara untuk terhindar dari penyakit tersebut yaitu covid-19 ini berawal dari keinginan untuk menjaga tubuh agar tubuh selaltu fit dan tidak gampang terserang penyakit.

Selain mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B,C dan E serta mengonsumsi obat alternatif yang digunakan sebagai stimulansia (Tonik) sehingga banyak dimanfaatkan sebagai jamu yang berkhasiat  juga merupakan salah satu hal penting untuk mencegah penularan covid-19. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan program kerja untuk membantu mencegah penyebaran covid-19 di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Salah satunya seperti menanam tanaman obat keluarga khususnya temulawak .

Mahasiswa KKN UM menyerahkan bibit Temulawak kepada perangkat desa

Tujuan Tanaman obat keluarga (TOGA)  merupakan tanaman yang bisa ditanam atau dibudidayakan di pekarangan rumah dan diberbagai lahan kosong disekitar Desa Sidorejo  mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional. Seiring berjalannya waktu dimana obat-obatan mahal untuk dibeli, sehingga masyarakat terdorong kembali menggunakan obat-obat tradisional yang boleh dikatakan bebas dari komponen bahan-bahan kimia yang memungkinkan dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.  Hasil yang dicapai yaitu pengenalan apa saja tanaman obat , bagaimana cara pengolahan tanaman obat serta khasiat apa saja dikandungan tanaman obat itu sendiri.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang berharap dengan adanya penanaman Tanaman Obat Keluarga secara bersama di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang ini akan membantu pencegahan penyebaran covid-19 secara alami.Tidak hanya itu, pelaksanaan kegiatan ini mengharapkan bahwa warga  Desa Sidorejo dapat menjadikan tanaman obat keluarga (TOGA) khususnya temulawak sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari.

Nama pembuat berita : Syah Dinal Arip (Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Nama Pengambil foto : Lingga Fitriana Sarida

Post Author: Admin Berkarya

Leave a Reply

Your email address will not be published.