Malang. Dua dosen dari program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang telah mengembangkan website e-commerce untuk mendigitalisasi UMKM Keripik Tempe Sanan Malang. Dua dosen tersebut adalah Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M dan Dediek Tri Kurniawan , SE, M.M. Website e-commerce yang dapat diakses pada tautan https://tempesanan.com tersebut dikembangkan untuk mendukung keberlanjutan bisnis UMKM di era double disruption saat ini.
Melihat fenomena pandemi covid-19 yang menuntun banyak pihak untuk melakukan transaksi belanja secara online, dua dosen Departemen Manajemen tersebut melakukan penelitian yang didanai oleh Program Riset Keilmuan LPDP Tahun 2022. Melalui Skema Riset MBKM yakni Hibah Riset Kewirausahaan, akhirnya penelitian melalui pengembangan website e-commerce tersebut dapat dilakukan. Tujuannya adalah untuk membantu proses pemulihan ekonomi nasional sekaligus mendukung kesiapan UMKM dalam berkarya di Sektor Ekonomi Kreatif. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari dan sampai bulan Juli 2022 ini luaran produk penelitian telah berhasil dikembangkan.
Judul penelitian untuk mendukung upaya tersebut bertajuk, “Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Digitalisasi UMKM Keripik Tempe Sanan Malang sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Covid-19 untuk Menunjang Sektor Ekonomi Kreatif”. Di dalam pelaksanaan penelitian ini juga melibatkan mahasiswa di mana aktivitas-aktivitas yang mereka lakukan nantinya akan dikonversi menjadi 20 SKS. Sehingga di dalam kegiatan penelitian ini juga dikembangkan bentuk kurikulum konversi BKP MBKM yakni Studi Independen. Kurikulum ini nantinya dapat diimplementasikan pada program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Mitra dalam kegiatan riset merupakan kelompok UMKM Tempe Sanan Malang, di mana mereka juga diberikan wawasan serta keterampilan mengenai digital marketing. Tujuannya agar ketika penelitian ini usai, mereka tetap dapat memaksimalkan kegiatan bisnis online-nya. Digital marketing dapat dilakukan melalui website e-commerce yang telah dikembangkan serta media sosial seperti TikTok dan Instagram. Untuk memudahkan mitra, modul tata cara pengelolaan website e-commerce juga telah dikembangkan.
Pewarta:
Filianti, S.Pd – Alumni Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Pewarta Foto:
Rizky Arya – Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran